Pages

TIPs SUKSES ! MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE SMA/MA/SMK


Ada beberapa Tips yang bisa diikuti bila ingin melanjutkan pendidikan ke SMA/MA/SMK, diantaranya :
1.   Berminat
Artinya berminat kepada SMA/MA yang dipilih atau SMK yang dipilih. Pilihlah SMA/MA/SMK yang memang Anda inginkan dan cita-citakan sejak masih duduk dibangku SMP. Alangkah baiknya jika minat Anda tersebut benar-benar berasal dari dalam diri sendiri, bukan pengaruh dari teman atau orang yang tidak bertanggung jawab.

2.  Disetujui Oleh Orang Tua
Dukungan orang tua dalam menentukan SMA/MA atau SMK yang akan Anda pilih sangat penting, terutama jika kita belum memiliki kemampuan untuk membayar biaya sekolah secara mandiri. Jika terjadi perbedaan pendapat, maka lakukan komunikasi secara efektif dan bijak dengan orang tua agar dicapai pilihan dan alasan terbaik untuk memasuki suatu sekolah.

3.  Memenuhi Persyaratan Akademis
Jika kita berminat dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di suatu sekolah, maka Anda harus memenuhi persyaratan akademis yang ditetapkan agar dapat diterima di sekolah tersebut.

4.  Sesuai dengan Kondisi Sosial - Ekonomi Orang Tua.
Sebelum memilih sekolah, ada baiknya Anda mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menunjuang kegiatan belajar di sekolah tersebut. Namun, faktor biaya bukanlah penghalang utama untuk memasuki sekolah terbaik yang dapat menunjang utama masa depan Anda.

5.  a. Memiliki Rencana Melanjutkan Pendidikan
   Ke Perguruan Tinggi untuk SMA / MA
Sebaiknya ketika menentukan untuk masuk SMA/MA Anda juga sudah memiliki gambaran pendidikan lanjutan yang akan Anda masuki hingga langkah hidup Anda lebih teratur
b. Siap bekerja, kreatif, produktif & adaptif untuk SMK
Sebaiknya mengetahui gambaran setelah lulus dari SMK untuk dipersiapkan memasuki dunia kerja.

6.  Memahami Karakteristik SMA / MA / SMK yang Dipilih
Apabila Anda ingin melanjutkan studi ke SMA/MA atau SMK pilihan Anda, terlebih dahulu Anda memahami hal-hal apa yang berkaitan dengan SMA/MA atau SMK tersebut, seperti : lokasinya, lingkungannya, trasportasinya, prestasinya, dll. Contoh, jika Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, maka berpikir ulanglah untuk memilih sekolah yang jauh.

7.       Mengikuti sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), baik secara on-line maupun offline yang diberlakukan di sekolah yang bersangkutan

8.       Mempersiapkan Diri dengan belajar sebaik-baiknya dan berdo’a serta menjaga kondisi tubuh agar senantiasa sehat dan bersemangat.

Ketika berbagai usaha sudah Anda lakukan dengan maksimal, maka cara terakhir yang sangat efektif adalah memasrahkan hasil yang akan diterima kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memperbanyak doa. Segala sesuatu tidak akan terjadi tanpa izin dari-Nya.

Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment:

  1. kalo mau siap kerja ya pilih SMK dibanding SMU..
    lulus tetap bisa lanjut kuliah

    ReplyDelete

ANDA ADALAH PENGUASA DIRI ANDA