Pages

TIPs SUKSES ! MENGENAL JENIS-JENIS PROFESI DI DUNIA KERJA

Sesuai dengan bakat dan kesempatan hidup, seseorang dapat memilih jenis profesi sebagai berikut :
1.       Profesi dalam Bidang Ketenagaahlian dan Teknis
Profesi yang termasuk dalam kategori ini lazimnya berkecimpung di bidang riset dan penerapannya dalam berbagai masalah teknologi, ekonomi, sosial dan industri. Bidang-bidang ilmu yang dibutuhkan dalam profesi ini antara lain ilmu alam dan fisika, teknik, hukum, kesehatan, agama, pendidikan, sastar, seni dan olah raga. Penjelasan lebih lanjut adalah sbb. ;
a.       Ilmuwan sains dan teknisinya
Jenis profesi ini mempelajari dan mengembangkan kegunaan ilmu alam dan fisika, contohnya : ahli kimia, ahli fisika, ahli geofisika, astronomi, dll
b.      Ilmuwan perencana dan pelaksana serta teknisinya
Jenis profesi ini berurusan dalam praktik perencanaan dan pengawasan pembuatan sesuatu. Contoh profesi ini antara lain : Arsitek dan perencana kota, ahli bangunan, ahli mesin, listrik, dll
c.       Ilmuwan Hayati dan Teknisinya.
Jenis profes ini berkecimpung dalam bidang riset murni dan terapan serta mengembangkannya ke dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat (kedokteran, industri, pertanian). Contoh profesi ini antara lain ahli biologi dan ahli pertanian.
d.      Ilmuwan Teknologi Penerbangan dan Perkapalan
Jenis profesi ini menjalankan, mengarahkan serta memberikan instruksi dalam sistem penerbangan dan perkapalan. Contoh profesi ini antara lain : pilot, kapten kapal, sertah ahli mesin penerbangan dan perkapalan.
e.      Ilmuwan Kedokteran
Jenis profesi ini membuat diagnosa, mengobati dan memberikan pertolongan kesehatan, serta melakukan pembedahan dalam rangka proses penyembuhan. Contoh profesi ini antara lain : dokter (umum dan spesialis), dokter gigi, dokter hewan, ahli farmasi, ahli gizi dan nutrisi, bidan serta perawat profesional.

f.        Ilmuwan Matematika, Statistik, Penganalisis Sistem dan Teknisinya.
Jenis profesi ini melakukan riset pengetahuan metematika dan statistik. Contoh profesi ini antara lain : ahli metematika dan ahli statistik
g.       Ilmuwan Ekonomi
Jenis profesi ini melakukan kegiatan penelitian dan perumusan masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Bidang kajian profesi ini dapat berupa ekonomi yang berkaitan dengan pembangunan negara atau ekonomi yang berkaitan dengan perusahaan. Contoh bidang pekerjaan profesi ini antara lain : perdagangan, kebijakan pembangunan, pendayagunaan sumber produksi, harga dan pemasaran. Contoh profesi ini antara lain : ahli ekonomi umum, ahli manajemen, ahli administrasi, ahli pemasaran.
h.      Ilmuwan Akuntansi
Jenis profesi ini merencanakn dan memberikan jasa akuntansi, serta membantu pembuatan neraca keuangan. Contoh profesi ini antara lain : akuntan, auditor.
i.        Ilmuwan Hukum
Jenis profesi ini merupakan panutan umum yang memutuskan perkara dalam persidangan,memberi saran dalam berbagai masalah hukum, membuat dokumen resmi, dsb. Contoh profesi ini antara lain : Hakim, Jaksa, dan Pengacara.
j.        Ilmuwan Pendidik
Jenis profesi ini melakukan pekerjaan mengajar dan mendidik. Jenis profesi ini juga memiliki tugas untuk memberi pelajaran dan instruksi, baik itu pada tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Contoh profesi ini antara lain : Guru, Dosen.
k.       Ilmuan Agama (Rohaniawan)
Jenis profesi ini tidak saja memiliki dimensi hubungan antara manusia dan manusia, namun juga antara manusia dan Tuhannya. Jenis profesi ini mengingatkan dan membawa masyarakat untuk menuju ke jalan kebaikan. Contoh profesi ini antara lain : Kyai, Ustadz/ah, Pendata, dan Biksu
l.        Ilmuwan Sastra dan Bahasa
Jenis profesi ini antara lain menulis karya sastra, menulis kritik sastra serta menulis artikel untuk menyebarkan suatu gagasan dan membimbing massa. Contoh jenis profesi ini antara lain : Kolumnis, Pengarang, Kritikus seni, Penulis dan Wartawan.
m.    Ilmuwan Seni Rupa
Jenis profesi ini membangkitkan dan menumbuhkan karya kreatif yang artistik dengan berbagai media, seperti mematung, memahat, melukis dn momotret. Contoh profesi ini antara lain : pematung, pelukis dan fotografer.
n.      Ilmuwan Musik
Jenis profesi ini membuat komposisi dan menerapkannya dalam sebuah pertunjukan musik dan tari. Contoh profesi ini antara lain : Komponis, Penyanyi, Musisi,  Aktor, Aktris, dan Koreografer.
o.      Ahli Keolahragaan
Jenis profesi ini ikut mengatur serta menyelenggarakan kompetisi olah raga, mendidik olahragawan dan mengembangkan physical fitness dengan mengikuti kampanye pengaturan olahraga secara umum. Contoh jenis profesi ini antara lain : Pelatih, Olahragwan (atlet), dokter olah raga, dan pembina olah raga.
p.      Pekerja Sosial dan Kemasyarakatan
Jenis profesi ini bekerja untuk bidang kemasyarakatan dan bidang sosial. Contoh jenis profesi ini antara lain : ahli perpustakaan, karator museum, filolog, sosiolog, sejarawan, dan antropolog.

2.     Profesi dan Bidang Ketatalaksanaan serta Pengelolaan
Profesi yang termasuk dalam kategori ini terdiri dari orang-orang yang terpilih dan dipercaya sebagai anggota pemerintahaan setempat, provinsi, regional dan nasional. Contoh jenis profesi yang berada dalam kategori ini antara lain sebagai berikut :
a.       Pejabat legislatif, eksekutif dan yudikatif.
Jenis profesi ini merumuskan kebijaksanaan pemerintah, membuat amandemen peraturan kepentingan umum dan melaksanakan kebijaksanaan hukum
b.      Pengelola
Jenis profesi ini merancang,  memadukan, mengarahkan kegiatan industri dan perdagangan, transportasi serta kepentingan umum lain.

3.     Profesi dalam Bidang Ketatausahaan
Profesi yang termasuk dalam kategori ini berkecimpung dalam bidang pelayanan masyarakat yang mengusahakan agar norma hukum, peraturan dan ketetapan-ketetapan pemerintah lokal, provinsi, dan negara dapat terlaksana dngan baik. Contoh dari profesi ini antara lain sebagai berikut:
a.       Pengawas
Bertugas mengawasi dan mengorganisasikan kegiatan sehari-hari pekerja kantor, baik dalam sektor swasta maupun pemerintahan.
b.      Stenograf dan pengetik
Stenograf dan pengetik bertugas terutama mencatat hal-hal yang tertulis dan yang lain.
c.       Penata buku dan kasir
Penata buku dan kasir bertugas mencatat transaksi perdagangan dan mengatur keluar masuknya uang dalam organisasi tempat ia bekerja, menghitung biaya dan upah serta membayarkannya.
d.      Pengatur Transportasi dan Komunikasi
Pengatur transportasi dan komunikasi bertugas mengatur keluar masuknya transportasi dan komunikasi dari suatu institusi tertentu.
e.      Pekerja dinas pos, telegraf dan telepon
Pekerja dinas pos,telepon bertugas menerima dan menyampaikan pesan masyarakat kepada masyarakat lainnya.

4.     Profesi dalam Bidang Perdagangan
Profesi yang termasuk kategori ini berkecimpung dalam merencanakan, mengoranisasi, dan mengarahkan usahanya dalam dunia perdagangan besar atau kecil. Contoh profesi ini antara lain sebagai berikut :
1.       Manajer
Profesi ini mengelola, mengorganisasi, dan mengarahkan kegiatan perdagangan. Bidang cakupan profesi ini antara lain pemasaran, penjualan dan pembelian barnag komoditas perdagangan.
2.       Penjual, Pengecar dan Lainnya.
Profesi ini menggiatkan upaya penjualan secara langsung ataupun tidak langsung.
3.       Penjaja asuransi dan perumahan
Profesi ini menawarkan asuransi dan penjualan unit rumah.

5. Profesi dalam Bidang Jasa
Profesi yang termasuk kategori ini berkecimpung dalam mengarahkan, mengorganisasi, mengawasi serta merencanakan dengan matang agar sektor di luar industri dapat berjalan dengan semestinya. Dalam jenis profesi ini, terdapat pengusaha jasa sosial yang berkecimpung dalam bidang kemasyarakatan dan pribadi ini antara lain : konsultasn, pelayan hotel, tukang cukur/pangkas rambut, ahli kecantikan,dll.

6.  Profesi dalam bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, dan perikanan
                                       Dalam sektor pertanian, profesi yang dapat dilakukan antara lain membudidayakan tanaman tertentu. Contoh kelompok profesi ini sebagai berikut :
1.       Manajer pengawas perkebunan
Menajer pengawasan perkebunan bertugas menjalankan, mengawasi serta mengkoordinasi kegiatan perkebunan dan pertanian dalam kedudukannya sebagai wakil si pemilik.
2.       Pekerja pertanian dan peternakan
Pekerja pertanian dan peternakan menyelenggarakan serta menghasilkan hasil pertanian dan peternakan, atau hal lainnya yang terolah dari pertanian atau peternakan.

3.       Pekerja kehutanan
Pekerja kehutanan mengawasi dan menyelenggarakan pekerjaan pemeliharaan, pelestarian dan pemanfaatan hutan.
4.       Pekerja perikanan (penangkap ikan)
Pekerja perikanan melakukan penangkapan sumber daya ikan yang berada di laut lepas, lalu membawanya ke dermaga untuk dijual ke pusat pasar ikan.

7.  Profesi dalam Bidang Eksplorasi Energi
Profesi yang termasuk kategori ini berkaitan langsung dalam masalah penambahangan mineral, minyak dan gas bumi. Orang-orang dalam profesi ini juga mengerjakan proses pengolahan dan pembangkitan tenaga. Contoh profesi ini antara lain pekerja kilang minyak dan penambang batubara.

8.  Profesi dalam Bidang Militer

Profesi yang termasuk kategori ini berkaitan langsung dengan tugas-tugas yang berhubungan dengan pertahanan dan keamanan negara. Contoh profesi ini antara lain polisi, prajurit, tentara dan marinir.

Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

ANDA ADALAH PENGUASA DIRI ANDA