Pages

TIPs SUKSES ! MEMPERSIAPKAN KARIER MASA DEPAN

Secara garis besar karier dapat diartikan sebagai suatu status dalam jenjang pekerjaan atau jabatan sebagai sumber nafkah baik sebagai mata pencaharian utama/pokok atau tambahan.
Bagiamana mempersiapkan karier yang diinginkan ? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain ;
1.       Pemilihan karier itu harus disadari sebagai suatu proses yang berawal, berlanjut, dan berlangsung terus seumur hidup.
2. Pemilihan dan penyesuaian karier dimulai dengan pengetahuan tentang diri dalam hal potensi, bakat, minat dan kemampuan.

3.    Pemilihan karier haruslah sesuai dengan konsep diri.
4.    Pemilihan karier harus didasaran pada informasi yang tepat dan realistis tentang janis karier yang diinginkan.
5.    Membangun karier dapat diawali dengan mengikuti latihan, pendidikan, dan pola tingkah laku yang diperlukan.
6.   Pemilihan karier harus direncanakan dan dirancang untuk membuat keputusan akhir. Karier apa yang diinginkan dan bagaimana mencapainya.


Ingatlah bahwa dalam merencanakan masa depan harus memperhatikan hal-hal berikut ini :
1.     Keinginan Besar,
yaitu ambisi yang mendasari suatu keinginan atau cita-cita atau sesuatu yang sangat didambakan dan ingin mencapainya karena itu sesuatu yang amat berarti dan berharga. Jika tidak memiliki cita-cita, mana mungkin punya keinginan untuk mencapainya.

2.     Realitas,
yaitu suatu kenyataan bahwa suatu cita-cita itu dipengaruhi oleh hal-hal yang mendukung dan hal-hal yang bisa menghambat, baik yang berasal dari dalam diri sendiri atau dari luar, seperti halnya unsur jasmani atau rohani, ekonomi, kemampuan dasar, kesempatan dan peluang. Misalnya ingin menjadi pilot, tapi tinggi badan tidak mencukupi

3.     Usaha Nyata,
yaitu upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai keinginan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hendaknya masa depan yang kamu rencanakan dapat kamu capai dengan usaha-usaha yang mampu kamu lakukan. Misalnya, Anda harus meningkatkan aktivitas membaca dan menulis artikel untuk bisa menjadi wartawan.


Selagi masih ada kesempatan, peluang dan waktu maka gunakanlah semuanya ini dengan sebaik-baiknya untuk menuju masa depan.

Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

ANDA ADALAH PENGUASA DIRI ANDA