Pages

TIPs SUKSES ! TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Berdasarkan pAndangan Asosiasi Psikologi Amerika, Sharf (1992 : 315) menjelaskan sekuensi pengambilan keputusan, yang lebih dikenal dengan tahapan pengambilan keputusan karier.
1.      Mendefinisikan dan Menstrukturkan Keputusan (Defining And Structuring The Decision)
Tahap awal yang harus jelas dalam tahapan pengambian keputusan, terutama keputusan karier, adalah definisi keputusannya. Artinya, harus jelas benar apa yang akan diputuskan. Misalnya, apakah yang akan dipilih oleh seseorang itu persoalan memilih sekolah, mata pelajaran, atau tentang suatu pekerjaan. Pada tahap ini harus ditonjolkan hal yang khusus yang akan diputuskan

2.     Identifikasi Aspek – Aspek yang Relevan (Identify Relevant Aspects)
Jika definisi masalah yang akan diputuskan sudah jelas, proses pengambilan keputusan dapat dilanjutkan dengan proses identifikasi aspek-aspek yang relevan dengan masalah atau definisi keputusan. Misalnya, yang akan diputuskan adalah melanjutkan studi. Maka, aspek yang perlu diidentifikasi antara lain sekolah yang diminati mana saja, keunggulan, dan kelemahan diri apa saja.


3.     Memeringkatkan Aspek-Aspek Penting (Rank Aspects By Importance)
Jika aspek-aspek telah teridentifikasi, dilanjutkan dengan memerikatkan aspek tersebut. Jika yang menjadi ukuran adalah minat, memeringkatkan dilakukan dari mulai yang diminati sampai dengan kepada yang kurang diminati. Jika ukurannya gaji, memeringkatkan dimulai dari pekerjaan yang gajinya paling besar sampai yang paling rendah. Jadi, untuk memeringkatkan bergantung pada ukuran peringkatnya.


4.     Identifikasi Aspek Paling Penting yang Dapat Diterima (Identify Theacceptable Range For The Most Important Aspect Not Yet Consider)
Sesungguhnya, untuk mengidentifikasi aspek paling penting yang dapat diterima sudah tampak pada proses pemeringkatan. Hanya pada tahap ini perlu ditegaskan peringkat teratasnya saja. Misalnya, yang dapat diterima hanya peringkat tiga besar.


5.     Membuang Pekerjaan yang Karakteristiknya Tidak Sesuai dengan Aspek2 yang Diterima
Setelah teridentifikasi aspek-aspek yang dapat diterima, yang tidak diterima dibuang dan yang sesuai dengan karakteristik yang diharapkan diambil sebagai alternatif yang akan diputuskan.



6.     Alternatif yang Diambil Sebagai Hasil Keputusan yang Akan Dieksplorasi Lebih Jauh.

Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

ANDA ADALAH PENGUASA DIRI ANDA