Pages

Siapa Kamu Yang Sebenarnya? Cara Mencari Dan Menemukan potensi and yang terbesar


Berikut adalah tips untuk menggali atau menemukan potensi diri :
1.    Kenali Potensi Diri.
Lihat lebih dekat kemampuan yang kita miliki dan pikirkan dengan cermat apa saja yang bisa lakukan dengan kemampuan kita. Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan Anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang Anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari. Dia rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tanaman, pupuk, alat-alat dan semacamnya. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan. If we do what we love, then money will follow.

2.  Jadilah Seorang Detektif.
Rajin-rajin bertanya pada orang-orang terdekat dan tenaga professional seperti psikolog, konselor, dkk untuk mendeteksi kelemahan dan kekurangan diri. Selain itu orang yang paling tahu diri Anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri Anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri Anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.

3.     Evaluasi
Setelah terdeteksi, pelajari berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kelemahan dan mengoptimalkan kekurangan tersebut.

4.  Eksplorasi
Banyak baca buku-buku yang bertema penggalian potensi diri. Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika Anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.

5.  Praktik (Action)
Jangan ragu untuk mencoba setiap peluang pengalaman yang ada didepan mata. Selain tambah pede, kita akan masih mengenali kekuatan dan kekurangan yang ada dalam diri.

6.  Tidak Putus Asa
Jangat ciut kalau pun gagal, karena gagal bukan berarti kita tidak punya potensi/kemampuan. Bisa jadi kita gagal karena belum mengoptimalisasikan potensi yang kita miliki, oleh karena itu, lakukan evaluasi.

7.  Cari Komunitas Positif

Bergabunglah dalam berbagai kegiatan atau aktivitas yang dapat mengembangkan potensi yang kita miliki.

Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

ANDA ADALAH PENGUASA DIRI ANDA